Sabtu, 22 September 2012

Wahyu?

Mudik lebaran sudah jadi agenda rutin ane tiap tahunnya. Seperti tahun ini, setelah sholat Idul Fitri, ane dan keluarga langsung merapikan barang- barang yang akan kami bawa untuk mudik. Secukupnya aja, gak perlu berlebihan. Pakaian buat seminggu, alat mandi (meskipun ane belum tentu mandi), oleh- oleh, dan gak lupa uang kecil buat saudara- saudara ane yang ada disana. Gak krasa, dulu biasanya ane yang dikasih anpao sama orang- orang, tapi sekarang gantian ane yang kasih anpao ke anak- anak. Yaaah, ini semacam siklus.
Ane mudik bareng emak dan dua tarzan kota, yaitu adik-adik ane. Seperti mudik- mudik biasanya, tahun ini babe ane gak bisa ikut. Babe ane memang gak pernah libur kerja. Jadi, dihari besarpun babe tetap harus cari nafkah buat keluarga. Ane bener- bener salut coklut sama babe. Jadi ane masih bersyukur karna ditempat kerja ane masih ada kata ‘libur’. Meskipun kadang ane terpaksa iseng coret- coret kalender dikantor pakai spidol merah, biar dikira tanggal merah. Dan sudah pasti ane gak pernah berhasil libur dengan cara itu. Tahun ini, ane dapat 2 minggu libur. Satu minggu sudah ane habiskan sebelum Idul Fitri, jadi tinggal tersisa satu Minggu lagi.
Udah siap, kami langsung berangkat. . . . .
Pagi itu benar- benar hari yang cerah. Gak perlu waktu lama, kami sampai. Yaaa, tempat yang kami tuju memang gak begitu jauh. Tapi meskipun begitu, tetep aja namanya mudik. Ane turun dari motor sambil membawa tas berisi pakaian dan segala perlengkapan menginap ane Gak lupa beberapa oleh-oleh yang ane simpen dikantong kresek. Beberapa orang disana mulai menghentikan aktifitasnya dan memperhatikan ane. Ane cuma bisa tersenyum. Sebentar ane jadi pusat perhatian. Seolah ane seorang artis yang mau bikin acara konser dangdut dikampung. Gak heran, ane ketempat ini memang hanya setahun sekali. Akhirnya, setelah sebulan penuh berpuasa, tahun ini ane sekeluarga masih diberi kesempatan buat mudik, batin ane. 
Ane berdiri didepan rumah tua milik nenek, dan ane langsung berjabat tangan dengan kerabat ane satu- persatu. Seneng banget rasanya bisa ketemu kerabat-kerabat disana. Tambah lagi dengan suasana kampungnya yang sejuk, Udara yang masih bersih, pepohonan hijau, suara-suara burung, banyak gadis-gadis desa, pokoknya bener-bener bikin perasaan ane jadi happy. Sejenak ane bisa menghilangkan semua beban pikiran. Segala permasalahan utang- piutang ane terasa lenyap seketika.…… sejujurnya, gak juga sih. 
Banyak hal yang ane lakukan disana. Mulai dari ngobrol sama saudara, silaturahmi kerumah tetangga, liat-liat pemandangan di sawah, bagi-bagi rupiah sama anak-anak kecil, sampai ngabisin snack lebaran. Bukannya malu- maluin, tapi ane hanya memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin. Kapan lagi ane bisa menghabiskan banyak makanan kalau gak pas lebaran kayak gini. Setelah seru- seruan, gak kerasa udah hampir adzan magrib. 
Ane duduk disamping rumah. Menunggu gelap yang sebentar lagi turun. Ane mengarahkan pandangan ke kebun belakang rumah. Sambil melihat pohon- pohon yang tumbuh disana, gak tau kenapa ane teringat kembali dengan kenangan lebaran tahun lalu. Ane masih memperhatikan pepohonan yang makin tertutup gelap, lalu ane mengeluarkan hp dari kantong. Ane buka menu kamera. 
Ane mulai hunting foto. Bisa dibilang ini iseng, atau bisa juga disebut gila. Ane berharap ada foto penampakan makhluk halus yang akan ane dapatkan. Serius. Ane mulai mengambil beberapa foto ditempat yang berbeda. Terutama disudut-sudut gelap belakang rumah. Lalu ane coba dengan daerah sumur. Sumur/kamar mandi disini ada sekitar 10 meter dibelakang rumah. Mungkin ane bisa mendapatkan foto yang ane cari disitu. Siapa tau ane bisa dapetin foto cewe berambut panjang pake daster putih sambil nutupin bibirnya pakai jari telunjuk. Alay di dunia hantu mungkin saja bukan sekedar mitos.
Jepret demi jepretpun berlalu.

Setelah ane anggap cukup, sesi pemotretan ane hentikan. Ane melihat di file galery untuk mengecek hasil jepretan. Satu per satu foto ane cek. Ane zoom, dan ane teliti sedetail mungkin. Ternyata nihil. Gak ada satupun penampakan yang ane dapatkan. 
Sebenernya apa yang ane lakukan ini bukan tanpa alasan. Ada sesuatu yang masih membuat ane penasaran sampai saat ini. Ceritanya dimulai pada lebaran tahun lalu. 
Malam itu ane sudah berbaring diatas kasur, lengkap dengan selimut yang sudah menutupi badan ane. Setelah membaca do'a sebelum tidur, ane menutup mata. Baru berapa menit merem, ane melek lagi. Ane merem lagi, melek lagi. Sampai beberapa kali. Mata ane terasa kayak lampu toilet yang lagi konslet. Merem melek. 
Aneh banget, padahal ane udah ngantuk, tapi tiap merem malah gak bisa tidur. Apa mungkin karena ane sedang nahan buang air?, jadi ane susah tidur. Gak lama kemudian, ane teringat sesuatu. Ah, iya, ane belum sholat isa'. Astaga, pantesan ane susah tidur. Ane langsung berdiri lalu berjalan kebelakang. Sampai dapur, ane berhenti. Suasananya gelap banget. Satu hal lagi, kalo mau wudzu musti kesumur, sumurnya ada diluar. Dan diluar samasekali gak ada penerangan. Jadi bener-bener gelap gulita. Ane berjalan lagi melewati dapur sampai ke pintu belakang. Dari situ ane mikir. Diluar pasti gelap banget, ane cuman kawatir kalo nanti ane mau buang air kecil, ternyata didepan ane ada ember yang biasanya dipakai mandi. Pasti parah banget.
Tambah lagi, diluar katanya banyak binatang melata yang berkeliaran. Bahaya banget kalo sampai ane menginjak ular. Yaah, mau bagaimana lagi. Ane lagsung membuka pintu kayu didepan ane. Ditengah pemikiran-pemikiran ane, tiba-tiba Bulik (Bibi) teriak dari kamar 
" Gus, mau ngapain?" kata Bulik dalam bahasa Jawa 
" Kesumur, mau wudzu " 
" Dianterin gak? Atau berani sendiri?" 
" Eee....... Dianterin juga boleh ". 

Setelah Bulik sampai dipintu belakang 
" Tak liatin dari pintu aja ya " kata Bulik 
" --_ yoh. . . " sama juga bo'ong, batin ane. 
Ane berjalan keluar kearah sumur. Benar- benar gelap. Ane bahkan gak bisa melihat punggung ane sendiri. Langkah demi langkah ane lalui dengan hati-hati. Sampai dipertengahan jalan, ane merasa ada yang aneh. Ane merasa ada cahaya yang melintas tepat diatas ane. Ane langsung mengarahkan pandangan keatas. Kaget, ane liat gumpalan api terbang diatas ane menuju kebun bambu. Kejadian itu hanya berlangsung beberapa detik. Sebentar langsung hilang sekejap mata, seolah bersembunyi diantara bambu. Kalau ane lihat dari bawah, ukuranya sebesar bola basket. Hanya saja diselimuti api, mirip meteor. Amazing. Itu mirip serangan pengendali api di film “The Last Air Bender”. Sayang banget ane gak bisa memfoto kejadian itu. Melihat fenomena itu, ane berhenti melangkah. Antara bingung, kagum, campur panik. Lalu ane menoleh kebelakang kearah Bulik. 

"Yang tadi liat gak?" kata ane sambil melongo.
"Apa?" 
"Yang barusan, diatas" 
"Apa sih? Gak ada apa-apa" 
Ane terdiam sejenak. Masih dengan wajah blo’on, ane masih belum bergerak dari tempat semula. Ane melihat lagi ke atas, suasana sudah kembali sepi dan gelap. Sedikit bingung, tapi ane putuskan untuk melangkah lagi. Baru satu langkah ane berjalan
“Gus, tadi lihat apa?” kata Bulik ane penasaran.
“Gak apa-apa “
“Bener?”
“Iyak” kata ane sambil kembali melangkah.
“Gus!” kata Bulik makin kenceng.
“Haaah?”
“Beneran gak ada apa-apa?”
“Ho’oooh” kata ane rada jengkel. Kalo sekali lagi Bulik nanya, ane bakalan jalan kesumur sambil Salto.
“GUS!”
“aaaah….. udah gak ada apa-apa”
Semua diam.
            Seolah tak terjadi apa- apa, ane langsung kesumur untuk wudzu.
            Selesai sholat Isa’, ane langsung menceritakan apa yang ane alami ke nenek yang kebetulan belum tidur. Disitu juga ada Bulik yang ikut mendengarkan. Setelah selesai bercerita, nenek langsung menjelaskannya
            “Oooh, itu namanya ‘wahyu’”, kata nenek dalam bahasa Jawa.
            “Wahyu?, kok wahyu?” ane penasaran.
            “Orang- orang disini menyebutnya wahyu. Kejadian seperti itu sudah biasa”
            “Oooh”, buat ane tetep aja itu gak biasa. lalu kenapa dinamakan Wahyu? Kemungkinanya ane hanya ada 2. Yang pertama, dulu pernah ada anak bernama Wahyu yang kepalanya ketiban bola api ituMungkin karena turunnya seolah dari langit, jadi dinamakan wahyu. Semacam panggilan saja.
            “Jadi kamu tadi beneran liat?” kata Bulik
            “Lhaiya, liat juga to?” ane terkejut. Ane kira hanya ane saja yang melihatnya.
            “ho’o”
            “Lah, trus kenapa tadi bilang gak liat? Mana banyak tanya lagi.”
            “maksutku itu biar kamu gak panik”
             --_ heleh…., yang ada ane malah makin panik kalau kayak begitu caranya.
            Itu kejadian yang jarang banget ane alami. Ane yakin, makhluk gaib itu memang ada. Dan salah satunya mungkin yang ane lihat waktu itu. Dan sebagai manusia gak seharusnya kita takut. Meskipun waktu itu dengkul ane sempet kaku. Tapi rasa penasaran ane lebih besar daripada rasa takut ane. Ada yang bilang, siapa yang bertemu dengan bola api seperti itu, dia bisa langsung meninggal dunia. Entah benar ataupun tidak, yang jelas gak ada apapun yang terjadi kepada ane saat itu. Mungkin itu bakalan jadi pengalaman yang cukup mengesankan selama ane dikampung. Ane bisa melihat ‘Wahyu’. Andai saja waktu itu bisa ane abadikan dengan kamera.
            Ane masih berdiri disamping sumur sambil menggenggam hp. Adzan Magrib pun berkumandang. Ane memandang pepohonan yang makin terbenam gelap. Beberapa pohon bersuara saling bergesekan tertiup angin. Ane mengarahkan pandangan ane kebawah. Seekor tikus putih tiba- tiba melintas cepat didepan ane. Tubuhnya seolah bercahaya.
            Ane masih belum berkedip. Kamera hp kembali ane hidupkan. Ane langsung mengejar tikus misterius itu kearah tumpukan kayu.

1 komentar: