Kamis, 13 September 2012

Bagasi yang Tertinggal

Mudik lebaran tahun ini terasa sangat berbeda bagiku. Bagaimana tidak, di tahun-tahun sebelumnya aku mudik lebaran sendirian sedangkan kali ini aku mudik bersama suami dan anak tercintaku plus kakak beserta keluarga kecilnya dan adik iparku. Selain itu kali ini merupakan kali pertama kami menginjak bandara yang baru saja dibangun di Riau yaitu Bandara Sultan Syarif Kasim II. 
Perjalanan mudik relatif lancar dan aman, karena kami 'pulang kampung' sebelum puncak arus mudik. Yang apes adalah perjalanan balik. Bukan karena macet, bukan karena mobil mogok, bukan pula karena pesawat delay apalagi tertukar kereta seperti yang dialami millati. Tetapi bagasi kami yang berjumlah 14 item (banyak banget yach...) tertinggal di Bandara Soekarno-Hatta. Lha kok bisa?
Perjalanan udara dari Jogjakarta ke Pekanbaru melewati tiga bandara yaitu Bandara Adi Sutjipto, Jogjakarta; Bandara Soekarno Hatta, Jakarta dan Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru. Saat itu transit di Jakarta berlangsung begitu cepat. Kami baru masuk ruang tunggu rupanya lansung disuruh antri naik pesawat. Alhamdulillah pesawat mendarat di Bumi Lancang Kuning dengan selamat walaupun pilot menggunakan istilah yang tidak lazim "Bandara antar bangsa" (sumpah loh kirain nama bandara ganti, ternyata itu artinya bandara internasional hehe).
Antrilah suami dan kakak iparku menunggu bagasi. Sedangkan aku bersama istri kakak iparku dan anak-anak lansung meluncur keluar untuk cipika cipiki dengan ibu. Setelah lama menunggu, hingga akhirnya penumpang yang mengambil bagasi habis suami dan kakak iparku tidak muncul juga. Tiba-tiba perasaan saya tidak enak terlebih melihat mereka keluar tanpa membawa barang.

"Lho mana barangnya?" tanyaku.
"Nggak ada tinggal semua." kata suamiku lemas. Katanya barang kami akan dibawa dengan pesawat berikutnya. Saat itu jam menunjukkan pukul 16.00 WIB, sedangkan pesawat berikutnya akan tiba pukul 17.26 WIB. Akhirnya kami memutuskan untuk menunggu karena di dalam bawaan kami ada beberapa barang yang busuk kalau menunggu besok untuk diambil.
Menit-menit terasa lama, hingga akhirnya pukul lima disaat penantian kami sudah dekat diumumkanlah kalau pesawat yang kami tunggu mengalami delay dan akan mendarat pada pukul 18.10 WIB. Kesel banget rasanya, dan sempat kepikiran masih bagus ya kalau kami kena delay pesawat daripada ketinggalan bagasi kayak gini. Kalau delay setidaknya kami masih mendapatkan dispensasi, tapi kalau ketinggalan bagasi? Yang dapat cuma nunggu.
Waktu memang terus berjalan hingga akhirnya pesawat yang kami tunggu tiba. Tapi lagi-lagi ada masalah. Jumlah bagasi kami yang seharusnya 14 item cuma ketemu 13 item. Duh bikin cemas aja tuh. Sampai akhirnya bagasi habis satu barang itu tidak ditemukan juga. Laporlah suami saya sama petugas bandara, eh rupanya sudah disimpanin sama dia. Syukurlah ketemu semua yah walaupun perjuangannya cukup panjang.
Lega akhirnya kami bisa pulang, eits tidak semudah itu....
Barang kami yang super banyak dan orang yang banyak pula tidak memungkinkan untuk dimasukkan mobil semua. Akhirnya ya sebagian berang ditaruh diatas mobil jadi penumpangnya muat masuk ke mobil. Dan dren dren.... kamipun pulang. Perkiraan sebelum maghrib sampai rumah ini malah sampai jam 22.00 WIB baru sampai rumah.
Benar-benar terkesan saya. Tidak pernah mudik dengan rombongan 8 orang dan bagasi sebanyak itu (saya biasa mudik sendiri dan seringnya tanpa bagasi), ditambah pula bagasi yang tertinggal. Semoga gak ada kawan pembaca yang bernasib sama seperti saya, karena menunggu itu melelahkan.
Kontributor : Puji Wahyu Widayati

8 komentar:

  1. Banyak amat transitnya...
    Btw, bawa apa aja, sih, dari kampung? Ampe 14 biji gitu...

    Eh, itu beneran dibilang bandar antarbangsa? Melayu banget...

    BalasHapus
  2. au mil ko bisa sebanyak itu, yang jelas siy kami berlapan 3 KK, hehehe bikin stres tuh nunggu bagasi sebanyak itu

    iya mil tak kirain ganti nama loh bandaranya yang ngomong pilotnya langsung,pilotnya kayaknya orang malaysia, nama pilotnya juga melayu banget tapi aku lupa namanya siapa

    BalasHapus
  3. ya ampun Wid, kenapa bawa barangnya banyak amat sih?

    BalasHapus
  4. maklum nurin, keluarga besar jadi bawaannya musti banyak hehehe

    BalasHapus
  5. hahaha what an exciting experience right... one question puj, lha itu jadwal penerbangan CGK-PKU nya sudah sesuai belum?? IMO missing link nya di situ

    BalasHapus
  6. sudah sesuai sama yang di tiket ko fa, mungkin yang dari JOG nya agak telat nyampe jadi mungkin bagasi itu belum sempat dipindahin pesawat yang ke pakanbaru ini dah terbang, bener-bener gemes kalo ingat kejadian ini

    BalasHapus
  7. aku ke jepang aja cuma transit sekali sama cuma bawa 2 koper, ini kok banyak

    BalasHapus
  8. hahaha lha awakmu kan dewekan mas aku ber 8 e 14 dibagi 8 kan gak nyampe 2 tho?

    BalasHapus