Minggu, 16 September 2012

Panduan Lengkap Ibadah Shalat

Penulis: Ibnu Rifah Ash-Shilawy
Penerbit: Citra Risalah
Tahun Terbit: 2011
Jumlah Halaman: 300 halaman
ISBN: 9786029245004

Amal seseorang yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah shalat. Bila shalatnya baik, maka seluruh amalannya juga baik. Bila shalatnya buruk, maka buruk pula seluruh amalannya. (HR. Thabrani)

Berpijak pada hadits di atas, menjadi kewajiban kita untuk memperbaiki kualitas ibadah shalat kita. Untuk mencapai shalat yang berkualitas, tiada jalan lain kecuali memperkaya keilmuan tentang shalat itu sendiri, baik pada ranah lahiriah maupun batiniah.

Pada ranah lahiriah, shalat akan semakin berkualitas apabila didasari ilmu tentang tata cara yang bersumber dari sunnah Nabi Muhammad SAW maupun Al Quran Al Karim. Sedangkan pada ranah batiniah sendiri, shalat akan semakin berkualitas apabila dijiwai dengan nilai-nilai kekhusyukan sebagaimana yang telah diajarkan Beliau.


Buku ini khusus disuguhkan untuk membantu kita ummatnya dalam memahami shalat dengan segala dimensi yang mengitarinya. Sehingga shalat kita akan semakin terbimbing dan berkualitas baik dari segi lahiriah maupun batiniah.

Buku setebal 300 halaman ini disampaikan dengan penuturan yang lugas, bijak, moderat dan tidak terbelenggu pada fanatisme mahzab atau ajaran fiqih tertentu. Sehingga dengan kearifan dan kemoderatannya ini diharapkan kita akan semakin bijaksana dan dewasa dalam menyikapi setiap perbedaan. Hingga tersimpul tali persaudaraan umat Islam, tanpa dicederai gesekan-gesekan akibat perbedaan tadi.

Buku yang disunting oleh Muhammad Masykur ini tergolong sangat lengkap. Karena memuat seluruh tuntunan praktis shalat fardhu maupun shalat sunnah. Mulai dari pengertian thaharah, hingga tata cara wudhu, mandi dan tayamum. Ada juga bab khusus yang berisi tentang penjelasan mengenai adzan dan iqamah.

Hingga penjelasan tentang tata cara shalat, tips khusyuk dalam shalat, dzikir dan doa setelah shalat sampai tata cara pelaksanaan shalat bagi orang sakit. Ada juga penjelasan mengenai macam-macam sujud, seperti sujud sahwi, sujud tilawah dan sujud syukur.

Tampilan buku yang elegan dan berkelas ditambah lagi dengan adanya ukiran di kiri kanan tiap lembarnya menjadikan buku ini sangat menarik untuk dibaca dan dipelajari. Sehingga timbul ketertarikan bagi para pembaca untuk menyimak pelajaran yang telah disajikan.

Selamat membaca !

Diresensi oleh: Fandagri di http://fandagri.blogdetik.com/panduan-lengkap-ibadah-shalat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar