Kamis, 20 September 2012

Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional


Penulis: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si., Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si., M. Agung Rokhimawan, M.Pd
Penerbit: Pedagogia
Tahun Terbit: 2012
Jumlah Halaman: 135 halaman
ISBN: 9786027515055

Secara ideal guru merupakan agen pembaru yag diharapkan selalu melakukan langkah-langkah inovatif berasarkan hasil evaluasi dan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukannya. Langkah inovatif sebagai bentuk perubahan paradigm guru tersebut dapat dilihat dari pemahaman dan penerapan guru tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK sangat mendukung program peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah yang muaranya adalah peningkatan kualitas pendidikan. Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan tuntutan logis dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Perkembangan tersebut mengisyaratkan penyesuaian dan peningkatan proses pembelajaran secara berkesinambungan, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kualitas lulusan dan keberadaan sekolah tempat guru itu mengajar.

Buku ini membahas secara mendalam konsep dasar PTK beserta prosedur pelaksanaan dan pempublikasian laporan PTK. Buku ini merupakan bagian dari upaya peningkatan profesionalisme guru. Hal ini dikarenakan PTK dapat membantu mengembangka kompetensi guru dalam menyelesaikan masalah pembelajaran mencakup kualitas isi, efisiensi, dan efektivitas pembelajaran, proses, dan hasil belajar siswa, serta meningkatkan kemampuan pembelajaran akan berdampak pada peningkatan kompetensi kepribadian, social, dan professional guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar