Penulis: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si., Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si., M. Agung Rokhimawan, M.Pd
Penerbit: Pedagogia
Tahun Terbit: 2012
Jumlah Halaman: 135 halaman
ISBN: 9786027515055
Secara ideal guru merupakan agen pembaru
yag diharapkan selalu melakukan langkah-langkah inovatif berasarkan hasil
evaluasi dan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukannya. Langkah inovatif
sebagai bentuk perubahan paradigm guru tersebut dapat dilihat dari pemahaman
dan penerapan guru tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK sangat
mendukung program peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah yang muaranya adalah
peningkatan kualitas pendidikan. Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan
tuntutan logis dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin
pesat. Perkembangan tersebut mengisyaratkan penyesuaian dan peningkatan proses
pembelajaran secara berkesinambungan, sehingga berdampak positif terhadap
peningkatan kualitas lulusan dan keberadaan sekolah tempat guru itu mengajar.
Buku ini membahas secara mendalam konsep
dasar PTK beserta prosedur pelaksanaan dan pempublikasian laporan PTK. Buku ini
merupakan bagian dari upaya peningkatan profesionalisme guru. Hal ini
dikarenakan PTK dapat membantu mengembangka kompetensi guru dalam menyelesaikan
masalah pembelajaran mencakup kualitas isi, efisiensi, dan efektivitas
pembelajaran, proses, dan hasil belajar siswa, serta meningkatkan kemampuan
pembelajaran akan berdampak pada peningkatan kompetensi kepribadian, social,
dan professional guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar