Penulis: Fatih Arifah dan Yustisianisa
Penerbit: Mentari Pustaka
Penerbit: Mentari Pustaka
Tahun Terbit: 2012
Jumlah Halaman: 189 halaman
ISBN: 9786028231725
Pendidikan karakter menjadi focus utama
pembangunan manusia Indonesia saat ini. Kegiatan pembelajaran, dimana karakter,
sikap, moral, dan perilaku menjadi sasaran pokok, bukan hanya sebagai
pengetahuan. Jadi, dalam pendidikan karakter, aspek afektif lebih menonjol
dibandingkan dengan kognitif. Aspek afektif dikembangkan serta diarahkan agar
menjadi karakter yang baik.
Sementara itu, informasi tentang pendidikan
karakter belum sepenuhnya membumi di kalangan guru-guru, termasuk kegiatan
pembelajarannya. Salah satu aspek penting dalam pendidikan karakter adalah
evaluasi. Evaluasi merupakan hal yang urgen dan mutlak harus ada dalam setiap
kegiatan pembelajaran, termasuk pendidikan karakter. Evaluasi berguna untuk
mengetahui apakah pembelajaran yang telah dilakukan sudah mencapai tujuannya
atau belum.
Untuk itulah, guna melengkapi literature tentang
dunia pendidikan, buku ini menghadirkan penjabaran tentang evaluasi dalam
pendidikan karakter. Cakupan buku ini meliputi teknik evaluasi, pengembangan
tes dan non-tes sebagai instrument, teknik pemberian skor, pengolahan hasil
evaluas, tindak lanjut dan refleksi evaluasi, serta pelaporan hasil evaluasi. Tak
lupa juga penyusun sertakan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada
praktik pendidikan karakter di sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar