Kamis, 20 September 2012

Evaluasi Pembelajaran


Penulis: Fatih Arifah dan Yustisianisa
Penerbit: Mentari Pustaka
Tahun Terbit: 2012
Jumlah Halaman: 189 halaman
ISBN: 9786028231725

Pendidikan karakter menjadi focus utama pembangunan manusia Indonesia saat ini. Kegiatan pembelajaran, dimana karakter, sikap, moral, dan perilaku menjadi sasaran pokok, bukan hanya sebagai pengetahuan. Jadi, dalam pendidikan karakter, aspek afektif lebih menonjol dibandingkan dengan kognitif. Aspek afektif dikembangkan serta diarahkan agar menjadi karakter yang baik.

Sementara itu, informasi tentang pendidikan karakter belum sepenuhnya membumi di kalangan guru-guru, termasuk kegiatan pembelajarannya. Salah satu aspek penting dalam pendidikan karakter adalah evaluasi. Evaluasi merupakan hal yang urgen dan mutlak harus ada dalam setiap kegiatan pembelajaran, termasuk pendidikan karakter. Evaluasi berguna untuk mengetahui apakah pembelajaran yang telah dilakukan sudah mencapai tujuannya atau belum.

Untuk itulah, guna melengkapi literature tentang dunia pendidikan, buku ini menghadirkan penjabaran tentang evaluasi dalam pendidikan karakter. Cakupan buku ini meliputi teknik evaluasi, pengembangan tes dan non-tes sebagai instrument, teknik pemberian skor, pengolahan hasil evaluas, tindak lanjut dan refleksi evaluasi, serta pelaporan hasil evaluasi. Tak lupa juga penyusun sertakan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada praktik pendidikan karakter di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar