Selasa, 09 Oktober 2012

Self-Publisher vs Vanity Publisher (1)


Bantul, 8 Oktober 2012.

Udara hari ini lumayan panas. Apalagi hujan yang sekian lama kunantikan dan aku mohonkan kepada-Nya tak kunjung datang, menambah badan ini kian bernafsu memuntahkan keringatnya. Begitu panasnya, sampai-sampai kaus yang kukenakan sedari pagi terasa lembap atau bahkan sudah benar-benar basah.

Jujur, sebetulnya hari ini terasa panas sekali. Tapi, karena aku harus fokus dan konsentrasi merampungkan satu naskah ini maka aku abaikan saja rasa itu. Badan kusemangati agar tetap tegak, mata tetap fokus pada layar monitor, dan tangan terus meloncat indah ke sana kemari menginjak huruf demi huruf di atas keyboard. Memang tidak sepenuhnya sih aku fokus hanya pada naskah. Sesekali juga kutengok facebook, twitter, dan blog. Yach, agar tidak bosan dan tidak tegang saja.

“Assalamu’alaikum, Mas. Gimana kabarnya? Dan bla bla bla…” sapaan dari seorang sahabat di kota Kudus di dinding facebook-ku.

“Wa’alaikumussalam warahmatullah… dan bla bla bla…” jawabku, menyambut salam hangat dari sahabat KomTE di kota kretek atau kota jenang sana.

Akhirnya, terjadilah perbincangan ringan dan obrolan jarak jauh antara saya dan sang sahabat tentang dunia buku melalui jejaring sosial facebook. Perbincangan yang sangat berharga bagi kami berdua. Di antara materi perbincangan, sang sahabat menyinggung istilah self-publishing yang konon katanya menerbitkan buku dengan sistem ini lebih dahsyat dan fantastik.

“Self-publishing dan vanity publishing itu beda lho, Mas,” kataku saat ia mengangkat istilah itu menjadi salah satu topik perbincangan kami.

“Bedanya apa, Mas?” tanyanya.

“Tentang perbedaan antara self-publishing dan vanity publishing saya posting saja di web KomTE ya, Mas,” ujarku.

Setelah ia mengiyakan, segera saya obrak-abrik rak bukuku untuk mencari buku Mas Bambang Trim berjudul Tak Ada Naskah yang Tak 'Retak'. Seingatku di sana dibeber perbedaan dua istilah tersebut. Ternyata benar, perbedaan dua istilah itu kutemukan di halaman 32-34 dalam buku tersebut. Salinannya secara lengkap bisa Anda baca di sini.

~*~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar