Selasa, 03 Mei 2016

Menjalani Profesi Guru Secara Profesional

Apapun cita-cita kita dulu, bagaimana pun usaha kita menggapai cita-cita dan
harapan itu, sekaranglah kenyataan yang sebenarnya. Bukan lagi saatnya mengeluhkan, “Aku terpaksa menjadi guru karena mendaftar jadi dokter tidak diterima, atau dari pada tidak bekerja, menganggur, buangan dari tempat lain dan sebagainya.
Sesungguhnya hal itu tidak tepat jika dikeluhkan sekarang. Mengingat tidak ada orang atau siapa pun yang memaksa kita menjadi guru. Siapa pun kita, apa pun profesi kita, harus dijalankan secara profesional. Karena jika tidak dijalankan secara profesional, profesi apa pun termasuk guru  maka akan memberikan beberapa dampak negatif antara lain :
-        Mengajar menjadi beban yang berat.
-        Tidak peduli dengan keadaan anak didik
-        Mengajar dengan terpaksa tanpa keihlasan
-        Anak-anak tidak diperhatikan, entah paham atau belum.
-        Semaunya sendiri tanpa memikirkan bagaimana anak didiknya
Kita semua tahu bahwa guru adalah mitra anak didik dalam kebaikan. Kemuliaan guru tercermin pada pengabdiannya kepada anak didik dalam interaksi edukatif di sekolah dan di luar sekolah. Guru memang harus menyadari bahwa dirinya adalah figur yang diteladani oleh semua pihak, terutama oleh anak didiknya di sekolah. Guru dan anak didik adalah "dwi tunggal" (bersatu dalam jiwa, terpisah dalam raga). Menjadi tugas dan kewajiban guru untuk membuat orang terlebih anak didiknya menjadi lebih baik.
Dengan kepercayaan yang diberikan masyarakat, maka di pundak guru diberikan tugas dan tanggung jawab yang berat. Mengemban tugas memang berat, namun lebih berat lagi mengemban tanggung jawab. Karena tanggung jawab guru tidak hanya sebatas dinding sekolah, tetapi juga di luar sekolah.
Oleh karena itu jalankan profesi secara profesional. Jangan sampai mereka generasi calon penerus bangsa juga ikut menyesal di kemudian hari lantaran kecewa akan perlakuan yang mereka terima sebelumnya. Berikan yang terbaik yang mampu diwariskan kepada anak cucu kita. Dengan demikian hasilnya akan jauh lebih baik dari yang diharapkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar