Berikut beberapa hal yang harus dilakukan membangun guru yang bermutu dan
mempunyai kualitas tinggi agar tujuan pendidikan bangsa ini tercapai.
Ø Merekrut
guru-guru yang memang memiliki kualifikasi tinggi pada bidangnya.
Dalam
hal ini jangan asal melakukan perekrutan guru. Asal ada yang mengajar, asal jam
kelas tidak kosong, yang penting kelas aman ada gurunya. Untuk mengajar
pelajaran ilmu alam ya usahakan mereka yang kualifikasinya ilmu alam atau
minimal serumpun dengan pelajaran itu. Namun kita ketahui sekarang ini banyak
yang tidak sejalur dengan tingkat pendidikannya. Tidak sedikit guru yang
kualifikasi pendidikannya ilmu sosial mengampu pelajaran lain seperti agama,
PKn dan sebagainya.
Ø Guru
harus benar-benar kompeten dengan materi yang akan diberikannya.
Ini
juga merupakan syarat mutlak yang tidak boleh ditawar-tawar lagi. Seorang guru
harus menguasai secara kompeten materi yang akan disampaikan kepada anak didik.
guru tidak bisa asal memberikan materi pada anak. Semua sudah disusun dalam
silabus dan tertuang dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Ø Guru
juga harus memiliki komitmen yang benar-benar tinggi dalam usaha untuk mengembangkan
kurikulum.
Kurikulum
sebagus apapun yang telah dirancang oleh pemerintah tidak aka nada hasilnya
tanpa usaha pengembangan dari guru yang secara langsung menjadi pelaksana
perangkat pembelajaran. Oleh karena itu perlu direkrut guru-guru yang juga memiliki
komitmen tinggi dalam mengembangkan kurikulum yang dicanangkan oleh pemerintah.
Ø Memberikan
pelatihan tentang pembelajaran sebanyak-banyaknya dan membiarkan mereka
berkreasi di kelas.
Pelatihan
bagi guru sangat besar manfaatnya guna memajukan dunia pendidikan di Indonesia.
Setelah mengikuti penlatihan hendaknya guru menerapkannya dalam kelas. Guru
harus mengkreasikan apa yang didapat dari hasil diklat saat mengajar dalam
kelas.
Ø Memberikan
kesempatan magang guru ke sekolah-sekolah internasional agar melihat langsung
bagaimana pendekatan competence-based dilakukan
di kelas.
Selain
memberikan pelatihan, guru juga perlu magang di sekolah lain (lebih baik jika
di dunia internasional). Hal ini dilakukan guna pengamatan langsung
kelebihan-kelebihan sekolah lain dibanding sekolah tempatnya bekerja.
Ø Berikan
otonomi seluas-luasnya pada mereka untuk mengembangkan kurikulum.
Guru
sebaiknya diberikan kesempatan untuk mengembangkan kurikulum dengan metodenya
sendiri. Kebebasan dalam bereksplorasi akan sangat menentukan mutu pendidikan.
Tentunya kebebasan yang tetap berada pada koridor silabus yang ada. Biarkan
guru mengajar dengan gaya dan model yang menurut mereka lebih bisa menarik bagi
anak didik untuk mendapatkan ilmu pelajaran. Meskipun demikian tetap ada pengawasan
yang harus dilakukan untuk menghindarkan diri anak dari hal-hal yang tidak
diinginkan.
Ø Mengadakan
pelatihan secara berkala.
Pelatihan
secara berkala juga sangat membantu mutu guru di Indonesia. Mengingat
perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat memaksa guru mau tidak mau harus menyesuaikan diri dengan
kemajuan zaman. Oleh karena itu sekolah dan pemerintah harus memberikan
pelatihan secara berkala pada guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar