Jumat, 11 Oktober 2013

Menulis Kolom


·   Penulis  dapat memanfaatkan pengalaman kecil berkait dengan aktivitas sehari-hari dan mengembangkannya menjadi pembahasan yang ringan tetapi memberi makna penting bagi siapa pun yang membacanya.

·   Kolom adalah opini singkat seseorang yang lebih banyak menekankan aspek pengamatan dan pemaknaan terhadap suatu persoalan atau keadaan dalam masyarakat. Kolom lebih banyak mencerminkan pendapat pribadi penulis. Sifatnya padat makna. Kolom ditulis secara inferensial, sedangkan opini ditulis secara referensial. Lazim  dalam tulisan kolom disertakan foto penulisnya.

·   Kolom (column: Ing) ditulis oleh kolumnis, penulis karangan khusus berupa komentar, saran, informasi, atau hiburan, pada surat kabar atau majalah. Kolom bisa berisi setiap segi kemanusiaan, dari soal cinta dan kesehatan sampai pada ilmu pengetahuan dan keuangan. Selain masalah kemanusiaan, masalah kebijakan para penguasa selalu menjadi sorotan para kolumnis kritis.

·   Di tangan kolumnis (seandainya guru), topik apa pun yang dibahas, mulai dari yang ringan mengenai pengalaman dengan siswa, membaca buku baru, sampai kematian Michael Jackson, tersaji dalam cerita singkat yang memikat, logis rasional, enak dibaca, dan perlu.

·   Jenis tulisan kolom  isinya hanya pendapat. Penulisnya dituntut agar yang dikemukakan benar-benar pendapat. Kalau opini berisi fakta, berita, atau argumentasi berdasarkan teori keilmuan yang mendukung pendapat tentang suatu masalah. Satu-satunya pendukung pendapat kolumnis hanya argumentasi berdasarkan penalaran, pemikiran kritis, dan menurut pendapat subjektifnya.

Tulisan kolom tidak mempunyai struktur tertentu, misalnya ada bagian pendahuluan atau lead, isi atau tubuh tulisan, dan penutup. Ia langsung berisi tubuh tulisan, yakni berupa pengungkapan pokok bahasan dan pendapat penulisnya tentang masalah tersebut. Judul pun biasanya singkat saja.

*) Disampaikan oleh St. Kartono dalam acara Just Write 2 yang diselenggarakan oleh Penerbit Diva Press Yogyakarta pada 2013 di Kaliurang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar