Minggu, 27 Oktober 2013

101 Kebiasaan si Anak Shalih

Penulis  : Nini Fatih Yustisia
Ukuran : 15,5 x 23 cm
Tebal    : 146 hlm
Penerbit : Idea World Kidz
ISBN   : 978-602-7728-51-6
Harga  : Rp 52.000

Adik-adik, tahukah kalian, siapa suri tauladan terbaik sepanjang masa? Betul sekali, dialah
Nabi Muhammad saw, sang rasul akhir zaman. Beliau meninggalkan ajaran yang begitu mulia, termasuk adab atau kebiasaan yang baik dalam hidup sehari-hari. Nah, kita perlu mengikuti tuntunan tersebut agar perilaku kita senantiasa terjaga. Dengan begitu, Allah akan menyayangi kita, dan orangtua kita pun akan semakin bangga terhadap kita.

Buku ini berisi 101 kebiasaan baik generasi anak shalih berdasarkan tuntunan Rasulullah saw. Ditulis dengan gaya bahasa yang ringan sehingga mudah dipahami dan asyik dibaca. Tidak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik, jenaka, dan penuh warna. Wow, adik-adik pasti suka!

Tunggu apa lagi, yuk segera miliki buku ini! Selamat menjadi generasi anak shalih, ya!

***

 
Daftar Isi Buku
Prakata
A.    Kukuruyuk…., Alhamdulillah Hari Telah Pagi
(Kebiasaan Anak Shalih pada Pagi Hari)
  1. Segera Bangun Tidur Saat Dibangunkan Ibu
  2. Tidak Perlu Menangis Saat Bangun Tidur
  3. Jika Masih Mengantuk, Gerakkan Badanmu
  4. Lipat Selimut dan Rapikan Tempat Tidur
  5. Gosok Gigi dan Berwudhu
  6. Shalat Subuh, Yuk!
  7. Mandi Pagi Agar Badan Segar
  8. Sarapan Pagi untuk Menyusun Energi

B.     Saatnya Makan, Sayang!
(Kebiasaan Anak Shalih Saat Makan dan Minum)
  1. Jangan Menunda Makan, Bisa Sakit Lho!
  2. Makanan dan Minumanku Halal dan Bergizi
  3. Gunakan Tangan Kanan, Ya!
  4. Makan atau Minum Sambil Duduk
  5. Nyam.. Nyam.. Nyam.. Jangan Bersuara Saat Makan
  6. Jangan Ngebut Saat Makan
  7. Habiskan Makanannya Dulu, Baru Minum
  8. Makan Secukupnya, Jangan Kekenyangan!
  9. Aku Hebat, Makananku Tidak Tercecer Lho!

C.    Awas, Hati-Hati!
(Anak Shalih Selalu Berhati-Hati)
  1. Hati-hati Jika Memanjat
  2. Kalau Berlari, Hati-hati
  3. Hati-hati dengan Api, Bisa Terbakar
  4. Pisau Itu Tajam, Jika Melukai Akan Terasa Perih
  5. Saat Naik Mobil, Aku Tidak Menjulurkan Tangan ke Luar
  6. Saat Membonceng Motor, Pegangan yang Erat Ya!
  7. Lihat ke Kiri dan Kanan Ketika Menyeberang Jalan
  8. Tidak Mengikuti Orang yang Tidak Dikenal
  9. Tidak Terlalu Dekat Saat Menonton TV

D.    Semua Adalah Teman
(Anak Shalih Pintar Bersosialisasi)
  1. Sapalah Semua Teman
  2. Semua Teman Kuajak Bermain
  3. Berbagi Mainan dengan Teman
  4. Katakan “Pinjam” Jika Menginginkan Mainan Teman
  5. Tak Pernah Kupanggil Mereka dengan Julukan yang Buruk
  6. Lebih Baik Mengalah daripada Membuat Teman Menangis
  7. Aku Suka Membantu Teman yang Kesulitan
  8. Si Adi Sedang Sakit, Yuk Kita Jenguk!

E.     Bersih Itu Sebagian dari Iman
(Anak Shalih Selalu Menjaga Kebersihan)
  1. Rajin Menggosok Gigi
  2. Memotong Kuku Secara Teratur
  3. Bungkus Makanan Dibuang di Tempat Sampah
  4. Koleksi Bukuku Tak Berdebu
  5. Boleh Main Lumpur, Tapi Segera Mandi yang Bersih
  6. Agar Sehat dan Wangi, Rambutku Kusampo
  7. Tidak Meludah atau Membuang Ingus Sembarangan
  8. Pipis di Kamar Mandi, Jangan Lupa Disiram Ya!
  9. Mencuci Tangan Sehabis dari Toilet

F.     Aku Bisa Melakukannya Sendiri
(Anak Shalih Pasti Bisa Mandiri dan Tanggung Jawab)
  1. Aku Bisa Memakai Baju dan Sepatu Sendiri
  2. Makan Sendiri Ternyata Lebih Enak daripada Disuapi
  3. Aku Juga Bisa Mandi Sendiri, Lho!
  4. Ketika Terjatuh, Aku Segera Berdiri
  5. Saat Ditinggal Ibu, Aku Tidak Menangis
  6. Aku Bisa Menjaga Adik
  7. Selesai Bermain, Kubereskan Sendiri Mainanku
  8. Selesai Makan, Piringku Kutaruh di Tempat Cuci

G.    Kenapa Harus Takut?
(Anak Shalih Pasti Berani dan Percaya diri)
  1. Tidak Perlu Lagi Ditunggu Ibu Saat Sekolah
  2. Aku Berani Memimpin Doa di Depan Kelas
  3. Tidak Perlu Takut atau Malu Bertanya kepada Bu Guru
  4. Kalau Ada yang Berbuat Salah, Kunasihati Ia dengan Baik
  5. Aku Senang Bisa Ikut Lomba Walau Tidak Jadi Juara
  6. Aku Tidak Takut Gelap
  7. Berani Periksa ke Dokter
  8. Tidak Takut pada Serangga

H.    Ini Dia, Ucapan-ucapan Anak Shalih
(Anak Shalih Selalu Mengucapkan Kata-Kata yang Terpuji)
  1. Baca “Bismillah” Setiap Akan Melakukan Sesuatu
  2. Ucaplah “Alhamdulillah” Saat Hati Senang atau Selesai Melakukan Sesuatu
  3. “Innalillah…”, Ucapanku Saat Ada Musibah
  4. “Astaghfirullah” Lebih Tepat daripada “Astaga”
  5. Ucapkan “Subhanallah” Saat Melihat Keindahan
  6. Ucapkan Salam Saat Bertemu Teman
  7. Ucapkan “Terima kasih” Saat Diberi Sesuatu atau Ditolong Orang Lain
  8. Meminta Maaf Jika Melakukan Kesalahan
  9. Katakan “Tolong”, Saat Ingin Meminta Bantuan
  10. Tidak Berkata Bohong
  11. Permisi, Saya Mau Lewat!

I.       Waktunya Shalat Berjamaah
(Kebiasaan Anak Shalih dalam Beribadah)
  1. Saat Adzan Berkumandang, Aku Selalu Menjawabnya
  2. Ayah, Ibu, Ajari Aku Berwudhu
  3. Saat Ayah dan Ibu Shalat, Aku Iku Shalat
  4. Jika Ayah dan Ibu Sedang Shalat, Aku Tidak Mengganggu
  5. Alhamdulillah, Sekarang Aku Hafal Al-Fatihah
  6. Ternyata Surat-Surat Pendek Itu Mudah Dihafal Lho
  7. Tidak Buru-buru Bermain Setelah Shalat. Berdzikir dan Berdoa Dulu!
  8. Yuk, Kita Mengaji Al-Qur’an!

J.      Aku Anak yang Berbakti kepada Orangtua
(Kebiasaan Birrul Walidain si Anak Shalih)
  1. Kupenuhi Panggilan Ibu
  2. Anak Shalih Selalu Mendokan Kedua Orangtua
  3. Semua yang Diperintahkan Ibu, Pasti Kukerjakan
  4. Aku Suka Membantu Ibu di Rumah
  5. Aku Tidak Meminta Upah untuk Pekerjaan yang Ditugaskan Ibu
  6. Berteriak-teriak Meminta Sesuatu kepada Orangtua Itu Tidak Baik
  7. Nasihat Orangtua Selalu Kutaati
  8. Tidak Menuntut Orangtua untuk Membelikan Sesuatu
  9. Mencium Punggung Tangan Orangtua Saat Bersalaman

K.    Aku Anak yang Santun
(Kebiasaan Anak Shalih Sopan dan Santun)
  1. Kupanggil Mereka “Mas”, “Mbak”, “Kakak”, dan “Adik”
  2. Tidak Berkacak Pinggang dan Besar Kepala
  3. Tidak Sopan, Memegang Kepala Orang yang Lebih Tua
  4. Tidak Memotong Pembicaraan Orang Lain
  5. Tidak Duduk di Atas Meja
  6. Menuding Muka Orang Lain Itu Tidak Baik
  7. Kalau Ada Tamu, Kusambut Ia dengan Baik

L.     Sudah Malam, Waktunya Bobo!
(Kebiasaan Anak Shalih Sebelum Tidur)
  1. Tidak Bobo Larut Malam Agar Bisa Bangun Pagi
  2. Sebelum Tidur Aku Selalu Gosok Gigi dan Cuci Kaki
  3. Sebelum Tidur Aku Juga Pipis Dulu
  4. Aku Berani Bobo Sendiri Lho
  5. Tidak Perlu Berebut Bantal atau Selimut dengan Adik
  6. Ternyata Bobo Tengkurap Itu Tidak Baik
  7. Berdoa Dulu Sebelum Bobo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar