Minggu, 11 November 2012

Kelas BBM Pertemuan 2

Minggu, 11 November 2012, bertempat di Basecamp KomTE, telah dilaksanakan pertemuan kedua kelas BBM (Bimbingan Belajar Menulis). Agenda ini merupakan lanjutan dari pertemuan BBM I yang sudah dilaksanakan minggu lalu (baca warta di sini).

Setelah pada minggu sebelumnya para peserta diajak mengenal dunia perbukuan, penerbitan, dan kepenulisan yang ada di Indonesia, pada pertemuan ini para peserta dibawa untuk menyelami dan berdiskusi tentang tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.  Diskusi tentang penggunaan kalimat efektif, kata baku dan tak baku, serta bedah artikel dapat berlangsung dengan baik di bawah bimbingan Sawaun Amin, M.Hum. 

Tata bahasa adalah hal yang cukup urgen dalam dunia kepenulisan. Tulisan yang ditulis dengan penggunaan tata bahasa yang baik akan lebih dinikmati oleh pembaca, sehingga pembaca akan nyaman ketika membacanya. Dalam proses penerbitan buku, hal ini juga menguntungkan penulis sendiri. Tulisan yang sudah ditulis dengan bahasa yang baik, renyah, menggigit, dan nyaman untuk dibaca, akan membuat editor tidak terlalu memeras otak untuk memperbaikinya. Hal inilah yang membuat editor menjadi ‘cinta’ kepada penulis dan ‘ketagihan’  hingga meminta penulis untuk terus berkarya.

Pertemuan BBM direncanakan akan dilaksanakan selama 6 kali pertemuan dengan beragam materi terkait kepenulisan buku. Untuk info lanjut tentang program kelas BBM, bisa dilihat di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar